ROOMPI.ID – Peringati Hari Pelanggan Nasional dan Kampanye Transisi Energi Ramah Lingkungan, PT Pembangkit Listrik Negara (PLN) Unit Induk Distribusi (UID) Banten bersama puluhan awak media menggelar touring motor listrik (molis), Kamis (12/9/2024).
Bertajuk ‘Touring Electric Vehicle (EV) with Media: To Socialization PLN Mobile and Electrifying Agriculture’. Touring mengambil titik start dari Alun-alun Kota Serang menuju Kawasan Kesultanan Banten lama, Kecamatan Kasemen.
Kegiatan itu disambut meriah, bahkan Pj Walikota Serang Yedi Rahmat beserta jajaran Pemerintah Kota Serang ikut masuk ke rombongan touring.
Rombongan molis bergerak dari Jalan Veteran menuju Kawasan Kesultanan Banten. Di sela-sela perjalanan, rombongan singgah ke sejumlah titik untuk peresmian program Light Up The Dream dan pemberian token gratis kepada sebuah Majelis, Salah satu rumah warga dan Sebuah Penggilingan Padi Listrik.
Setelah menempuh perjalanan sekitar 13 KM, touring molis PLN UID Banten transit di area Keraton Surosowan, Banten Lama.
General Manager PLN UID Banten Moch. Andy Adchaminoerdin mengatakan, kegiatan touring merupakan agenda Hari Pelanggan Nasional Tahun 2024 PLN. Pada tahun ini pihaknya merangkaikan dengan kampanye motor listrik guna sosialisasi bahwa kemudahan berkendara dengan motor listrik yang praktis, irit, dan
tentunya lebih ramah lingkungan.
Selain itu, pihaknya juga menyosialisasikan PLN Mobile, yaitu super apps PLN yang memudahkan masyarakat mengetahui beragam kemudahan pembayaran Token Listrik maupun promosi lainnya dan hingga hari ini telah diunduh jutaan masyarakat dengan rating 4.9.
“Kami juga memberikan bantuan Penyalaan Listrik Program Light Up The Dream (LUTD) yang mana ini bersumber dari iuran sukarela karyawan/karyawati PLN untuk membantu masyarakat kurang mampu mendapatkan akses listrik secara mandiri,” jelasnya.
Andy mengungkapkan, PLN berkomitmen untuk mendorong peralihan mesin diesel ke listrik PLN untuk sektor pertanian (Electrifying Agriculture). Pihhaknya juga akan terus berinovasi dengan melibatkan media.
“Dimana media ini adalah kepanjangan tangan PLN untuk menyampaikan pemberitaan seputar PLN UID Banten kepada masyarakat luas di wilayah Banten. Kami terus berinovasi untuk menghadirkan
layanan-layanan yang memuaskan pelanggan,” ungkapnya.
Andy menerangkan, PLN selalu bekerja dengan memegang teguh Core Value AKHLAK (Amanah, Kompeten,
Harmonis, Loyal, dan Kolaboratif). Mengimplementasikan GCG (Good Corporate Governance).
“Tugas utama kami adalah melayani pelanggan mulai dari Kota Serang, Kabupaten Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang, hingga Kota Tangerang,” terangnya.
Dirinya menegaskan komitmennya untuk optimalisasi energi guna kepuasan masyarakat. Dengan Pemkot Serang misalnya melalui program-program Electrifying Lifestyle, Agriculture, hingga marine, dan lain sebagainya.
“Lalu dengan Pemprov Banten melalui
Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi bagaimana untuk berupaya mempercepat bauran energi baru terbarukan dan meningkatkan listrik perkapita penduduk Banten,” pungkasnya.